STUDI BANDING STIKES KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO SURABAYA KE UNIKA SOEGIJAPRANATA TAHUN 2016

forum-diskusi-pkPada tgl 22 April 2016 Kemenresdikti mengumumkan bahwa STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya (STIKVINC) ditetapkan sebagai salah satu penerima bantuan pengembangan layanan pusat karir. Sehubungan dengan hal tersebut,  Universitas Katolik Soegijapranata menjadi pilihan Stikvinc untuk mencari informasi dan belajar bagaimana membentuk dan mengelola sebuah Pusat Karir (PK). Acara dimulai dengan sambutan oleh Bp. Agus dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Stikvinc yang diwakili oleh Sr. Ignata Yuliati, SSpS, MAN, Ners selaku wakit ketua III bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari STIKVINC. Dalam sambutannya Sr. Ignata menyampaikan maksud dan tujuan dari Studi Banding ini. Studi banding ini dilakukan untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang bagaimana mengelola lulusan dan alumni serta bagaimana mengelola tracer studi. Soegijpranata menjadi pilihan karena soegijapranata telah memiliki pusat karir yang berkembang dengan baik dan terkoordinir dengan baik. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua IV Soegijaranata. Sambutan diberikan oleh DR. Ridwan, dijelaskan bahwa pusat karir yang ada di Soejijapranata mempunyai kegiatan-kegiatan yang kreatif untuk memprosmosikan Institusi teristimewa untuk mempromosikan lulusan Soegijapranata. Misalnya dengan mempromosikan kemampuan dalam Pokemon Go untuk  iPhone dan Android devices, melayani wawancara dari media sosial, memberikan konseling, dll. Semua kegiatan tersebut mengenalkan Unika Soegijapranata khususnya mengenalkan SSCC kepada masyarakat. DR. Ridwan menjelaskan bahwa SSCC yang ada di Soegijapranata telah melaksanakan berbagai program yang diminati oleh mahasiswa dan masyarakat. Sambutan Ketua SSCC (Soegijapranata Career Centre). Sambutan ini diberikan oleh DR. Kristiana, dalam sambutannya DR Kristiana menekankan bahwa Universitas atau sekolah tinggi harus memiliki ke khasan atau karakteristik yang membedakannya dengan Institusi lain. Potensi yang dimiliki oleh lulusan dari sebuah university menjadi salah satu karakteristik dari Universitas tersebut. Demikian pula, serapan lulusan menggambarkan kualitas dari pendidikan yang ada di Universitas tersebut.  setelah sambutan dilanjutkan dengan Presentasi Soegijapranata Student Career Center (SSCC) oleh DR. Kristiana.

img-20160721-wa0036Dalam presentasi ini dipaparkan tentang latarbelakang pendirian SSCC, visi dan misi SSCC, berbagai kegiatan dan pelayanan SSCC seperti job fair, seminar/ workshop, campus hiring, recruitment, seleksi, informasi buku wisuda, informasi magang, daftar kegiatan yang sudah diselenggarakan tahun 2016, informasi lanjut. Acara berikutnya adalah forum Tanya Jawab.

Studi lapangan,untuk  melihat secara langsung  kantor SSCC dan bagaimana SSCC dikelola oleh Soegijapranata.Semoga studi banding ini memberikan ide-ide bagi pembentukan Pusat Karir di Stikes Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *